forum profile Persiapan yang harus dilakukan sebelum membuat forum profile adalah sebagai berikut :
1. Anda harus menginstall terlebih dahulu adds on plugin SEO Quake untuk browser Firefox atau Google Chrome agar dapat melihat PR dari situs forum (forum profile).



2. Gunakan footprint yang akan dijelaskan dibawah ini untuk mendapatkan situs-situs forum (forum profile).

3. Sortirlah situs forum (forum profile) dari yang ber PR 5 – 10 agar forum profile anda berkualitas.

4. Mulailah dari situs ber PR tinggi baru kemudian PR rendah.

5. Siapkan username yang terdiri dari minimal 8 karakter dengan kombinasi angka, huruf besar dan kecil serta minimal satu karakter special. Contoh : Johan@2025.

6. Siapkan juga screen name (nama yang hendak mewakili anda), biasanya samakan saja dengan username.

7. Siapkan password yang terdiri dari minimal 8 karakter dengan kombinasi angka, huruf besar dan kecil serta minimal satu karakter special. Contoh : Irf@nE2%3%

8. Buat akun Gmail atau alamat email yang anda dapat dari hosting anda yang biasanya berakhiran dengan xxxx@namadomainanda.com. Sebaiknya anda gunakan email Gmail karena nantinya anda akan menerima banyak sekali email dari situs-situs web yang isinya berupa ajakan untuk membeli barang. Email dari Gmail sering dianggap sebai email spam, beberapa situs tidak mau menerima email dari Gmail sehingga anda perlu email dari hosting yang biasanya dapat dipercaya oleh situs-situs yang high PR.

9. Siapakan nama depan anda contoh : Johannes

10. Siapkan nama belakang anda , contoh : Irfan

11. Siapkan kata kunci yang telah anda buat dengan HTML code dan BBCode.
Contoh : HTML code – <a href=http://caramembuatblog.info><katakunci</a>
Contoh : BBcode – [url=http://caramembuatblog.info ]kata kunci[/url/

12. Nantinya HTML code digunakan untuk mengisi data di kolom Bio atau About Me di situs forum (forum profile).

13. Siapkan juga homepage atau alamat url anda

14. Semua data diatas (butir 1 – 9) harus dibuat di notepad agar nantinya anda tinggal copy paste saja. Jadi menghemat waktu sewaktu membuat forum profile.

15. Anda harus menjadi member situs forum (forum profile) sebelum membuat forum (forum profile) profile yang berisi backlink anda.

16. Setelah mendaftar menjadi member dan diterima. Maka anda mendapat kiriman email dari situs forum (forum profile). Bukalah email dari situs forum (forum profile) ini dan kliklah link konfirmasi untuk verifikasi email dan mengaktifkan status akun anda.

17. Setelah mengklik link konfirmasi maka biasanya anda langsung login di situs forum (forum profile) tersebut. Namun bila tidak langsung login, maka loginlah menggunakan username dan password anda.

18. Kata kunci dalam bentuk anchor text maksimal yang anda buat adalah sebanyak 2 buah. BIla lebih dari 2 buah, biasanya anda di-banned oleh situs forum (forum profile) karena dianggap spamming.

19. Anda harus mendaftar dulu sebagai member dan membuat post atau reply thread atau komentar terhadap thread yang dibuat oleh member lama. Biarkan post anda ini satu minggu. Baru kemudian anda membuat signature forum (forum profile) .

20. Sekarang banyak situs forum (forum profile) yang membanned new member yang membuat signature sewaktu melakukan pendaftaran.

21. Tujuan anda menjadi anggota forum (forum profile) adalah membuat backlink untuk homepage dan membuat bakclink dengan anchor text kata kunci sebanyak maksimal 2 kata kunci. Jadi anda harus berusaha untuk membuat kedua backlink ini. Kadang suatu situs forum (forum profile) hanya mengijinkan anda untuk membuat satu homepage sebagai backlink dan tidak mengijinkan backlink kata kunci.

22. Untuk kolom Edit Signature gunakan BBcode untuk anchor text kata kunci. Perhatikan juga tulisan di kolom Edit Signature, apakah BBcode-nya On atau Off. Bila On berarti anda diperbolehkan untuk membuat backlink. Bila Off berarti tidak boleh.

23. Untuk kolom Bio gunakan kode HTML untuk anchor text kata kunci.

24. Untuk kolom About me gunakan kode HTML untuk anchor text kata kunci.

25. Ada kalanya anda harus membuat kata kunci di kolom WYSIWG di situs tersebut sama seperti halnya anda membuat hyperlink atau anchor text di kolom Add-Post di WordPress atau Blogspot. Biasaya pada tab Visitor Message.

26. Cari alamat url tempat backlink anda. Biasanya di Quicklink – Your Profile, atau klik username anda.

27. Catat alamat url backlink ini di notepad.

28. Pinglah alamat url backlink tersebut agar website anda mendapat backlink segera.
Untuk menemukan situs-situs forum (forum profile) maka anda dapat mengetikkan footprint berikut di kolom search Google yaitu :
a. “powered by SMF” site:.com inurl:/forum
b. forum site:.com inurl:/register
c. Kata SMF dapat anda ganti dengan jenis forum lainnya seperti phpBB, punBB, myBB, YaBB, vBulletin, Joomla, dan lain-lain.
d. Kata com dapat anda ganti dengan edu, gov, org, net dan lain-lain.

Situs-situs yang menyediakan forum (forum profile) atau situs yang khusus forum (forum profile) mempunyai ciri khas yaitu pada situs ini dapat ditemui kata-kata seperti :
Forum – Community – Message Board – Discussion –General Discussion – Members
Sedangkan untuk mendaftar sebagai member, anda dapat mengklik tulisan seperti :
Register – Join -Signup – Create an account – Don’t have an account? – Create a profile – Not yet member? – Registration screen – Become a member
Bila kata-kata untuk menjadi member tidak anda, maka anda bisa mengklik tulisan Join in atau Sign in. Biasa pada kolom Sign in atau Join in berisi ajakan untuk menjadi member.

Setelah anda mengklik link konfirmasi untuk mengaktifkan akun member anda, maka biasanya anda langsung login. Bila tidak login dengan username dan password yang anda daftarkan atau password dari situs forum (forum profile).
Setelah anda login maka carilah kata-kata berikut di situs forum (forum profile) tersebut :
User CP – Profile – Edit Profile – Settings – My Settings – Modify Profile – My Accounts – My Control – Edit Signature – Edit Your Details – Visitor Messages – About me – Create a blog
Untuk melihat alamat backlink anda tertanam maka biasanya anda mengklik username anda atau Quicklink – Your Profile. Anda harus mencari alamat URL tempat backlink anda tertanam, untuk nantinya alamat ini anda ping untuk mendapatkan backlinknya. Ini sangat penting agar anda mendapat backlin sesegara mungkin. Ping dapat anda lakukan dengan memasukkan alamat url backlink anda di situs http://pingomatic.com .

A. Pembuatan Forum Profile secara umum

1. Cari tempat untuk Register – Join -Signup – Create an account – Don’t have an account? – Create a profile – Not yet member? – Registration screen

2. Klik link konfirmasi email. Biasanya langsung login. Bila tidak langsung login, login –lah dengan username dan password.

3. Cari tab Forum – Community – Message Board – Discussion –General Discussion – Members.

4. Cari tempat untuk menanam backlink homepage dan bakclink kata kunci maksimal 2 kata kunci.

5. Cari Profile – Edit profile – bakclink homepage – Save

6. BIla ada kolom Bio – isikan kode HTML backlink 2 kata kunci – Save

7. Cari Profile – Edit Signature – isikan kode BBcode untuk backlink 2 kata kunci – Save

8. Kolom Bio dan Edit signature ini anda isi setelah anda satu minggu menjadi anggota. Bikin post atau reply post dulu di forum (forum profile) tersebut lalu biarkan satu minggu. Ini untuk menghindari administrator mencurigai anda.

9. Bila ada Profile option isikan juga
- RSS feed website anda
- Bikin anchor tect dengan WYSIWG
- Save untuk menyimpan perubahan

10. Klik username atau klik Quicklinks – Your profile atau View profile atau Preview Profile untuk melihat link.

11. Catat alamat link di notepad untuk diping nantinya.

12. Kadang kala anda harus membuat blog di forum (forum profile) untuk membuat anchor tect backlink. Profile – Edit Profile – My Blog

13. Profile – Edit profile – About (HTML code) – Save – View profile untuk melihat link.

14. Klik username – Add post (buat link pakai HTML code).- Save – Link langsung keluar.

15. Edit profile –Signature, About, Favourite (masukkan url di Favourite bila ada ditemui tab ini) – Klik username di Favourite untuk melihat link. Bila perlu buat post dan masukkan username anda sendiri sebagai favourite anda. Lalu klik username anda di tab Favourite untuk melihat link anda.

B. Forum Profile untuk forum vBulletin versi 3

1. Footprint : “powered vBulletin” site:.com inurl:/forum
1. Lakukan Register pada tulisan Register atau pada tab Registration Screen. Anda harus berumur lebih dari 13 tahun untuk menjadi anggota. Isikan data yang wajib harus anda isi yang biasanya diberi tanda asterisk *.

2. Klik link konfirmasi email untuk mengaktifkan akun anda.

3. Login-lah.

 4. Pilih tab UserCP – Your Profile

5. Pilih menu Edit your details : isikan alamat url homepage di kolom Homepage – Save untuk membuat bakclink pada homepage.

6. Setelah satu minggu menjadi anggota

7. Pilih menu Edit signature : isikan kode BBcode yang berisi backlink maksimal 2 kata kunci

8. Klik username atau klik tab Quicklink – Your Profile.

9. Anda dapat membuat link kata kunci di tab Visitor Message dan melihat backlink di tab About Me.

10. Copy alamat url berisi link untuk nantinya diping.