Kamis, 03 Mei 2012

Cara Membuat Website |Cara Buat Bikin Website Blog Profesional (1/10)

Bagaimana cara membuat website atau blog dengan benar dari sejak pertama kali anda mempunyai keinginan untuk membuat website ?
Banyak sekali orang yang cara membuat website nya atau blog tanpa tujuan yang jelas dan tanpa panduan yang jelas sehingga website atau blog yang dibuatnya menjadi tidak menghasilkan apa-apa dan kemudian menghilang dari peredaran atau tidak aktif lagi karena kehabisan dana untuk menunjang aktivitas websitenya atau sudah kehilangan mood karena websitenya tidak ada pengunjungnya atau websitenya menjadi website hantu. Dan lebih parah lagi websitenya tidak terindeks di Google, Yahoo!, Bing dan search engine lainnya.
Ini semua karena banyak orang yang cara membuat website nya tanpa tujuan yang jelas dari awal. Anda harus mengetahui cazra memebuat website yang benar sejak pertama kali membuat website. Karena bila salah dari awal, maka akan sangat susah untuk menduduki posisi no. 1 di Google.


Bila anda hendak tahu cara membuat website atau blog, maka anda harus membuat tujuan yang sangat jelas dulu. Apakah website anda itu nantinya kan menjadi sumber uang untuk anda atau anda sekedar menjadikan website anda sebagai tempat mengekspresikan ide-ide anda atau sekedar berbagi informasi saja.

Bila tujuan anda hanya sekedar tempat ekspresi, maka anda harus menggunakan website  gratisan. Dan wadah yang cocok adalah blog gratisan seperti blogger atau WordPress.com.
Bila tujuan anda mencari uang dari blog, maka anda harus menggunakan hosting berbayar. Anda dapat juga menggunakan hosting gratisan seperti blogger namun ini susah untuk mencapai posisi nomor satu di search engine. Karena berbayar, maka anda dapat mencari banyak sekali program CMS (content management system) untuk mengisi website anda. CMS yang populer adalah WordPress.org, Joomla!, Drupal, Prestashop dan OS Commerce. Di antara CMS ini yang paling gampang diatur SEO-nya (search engine optimization) adalah WordPress.org.

WordPress mudah diatur SEO-nya karena WordPress mempunyai banyak sekali plugin gratis untuk mengatur SEO-nya. Disamping itu tentunya WordPress juga mempunyai banyak sekali theme untuk mempercantik penampilannya.
Artikel ini hanya membahas pembuatannya website menggunakan WordPress.org dan bagaimana menghasilkan uang dari website.
Sudah lebih dari dari 3 bulan saya mempelajari cara membuat website atau blog. Selama 3 bulan ini saya sudah mencoba beberapa white SEO. Dan hasilnya adalah website saya mempunyai PR 3 dalam waktu 1-3 bulan saja dan sudah menghasilkan uang.

1. Menentukan tujuan target niche market yang jelas
Anda ingin menjual apa di website anda? Kesalahan saya yang pertama adalah saya harus mempunyai barang yang saya produksi sendiri lalu saya jual di website. Cara ini sangat salah. Anda tidak harus mempunyai barang produksi sendiri. Anda dapat menjual barang orang lain di website anda. Dan barang orang lain yang dijual adalah sangat tidak terbatas.
Barang yang hendak anda jual haruslah mempunyai niche market (ceruk pasar) yang cukup besar peluangnya. Artinya pesaing anda sedikit tapi pasarnya cukup besar.
Anda dapat juga menjadikan website anda sebagai tempat orang lain menaruh iklannya sehingga anda mendapat pemasukan dari PPC (pay per click) semacam Google Adsense, AdsChoice, AddChamp, Kliksaya dan lain-lain. Ini ibaratnya menjadikan website anda sebagai stasiun TV dimana pemasang iklan membayar kepada anda. Bila sudah mencapai tahap ini, maka anda dipastikan akan mendapatkan pemasukan yang sangat besar dari website dan nilai jual website anda juga sangat tinggi. Nanti akan dibahas lebih lanjut berbagai cara menghasilkan uang dari website.

2. Menentukan nama domain yang sempurna
Setelah mempunyai tujuan yang jelas, sekarang anda harus melakukan riset selama satu minggu untuk menemukan kata kunci yang benar-benar tepat dan sempurna disesuaikan dengan tujuan anda.
Contoh bilamana anda ingin bergerak di bidang obat penurun berat badan (weight loss)
Maka langkah yang harus anda lakukan adalah mengunjungi situs

Carilah kata kunci weight loss di situs tersebut. Maka pada saat artikel ini  ditemukan data sebagai berikut :
1. Kata kunci : weight loss dicari orang sebanyak 1.413.194 kali.
2. Kata kunci : weight loss product dicari orang sebanyak 460.624 kali
3. Kata kunci : weight loss program dicari orang sebanyak 57.814 kali
4. Kata kunci : weight loss story dicari sebanyak 12.000 kali

Kemudian kita cek tingkat persaingan kata kunci tersebut di kolom search Google dan ditemukan data sebagai berikut :
Ditemukan 19.300.000 hasil pencarian yang berhubungan dengan kata kunci: weight loss.
Dari data ini dapat dipastikan bahwa kata kunci weight loss mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi dan anda tidak boleh bersaing disini, karena memerlukan usaha yang sangat luar biasa untuk menduduki posisi nomor satu di Google.
Coba anda gunakan kata kunci weight loss story, maka anda temukan hanya sebanyak 700.000 hasil pencarian. Jadi tingkat persaingannya jauh lebih sedikit tapi masih cukup banyak dicari orang. Tingkat persaingan yang masih baik berada diantara 500.000 – 1.000.000 hasil pencarian.
Baiklah diputuskan kata kunci yang tepat adalah weight loss story.

3. Melihat website pesaing anda
a. Berdasarkan kolom pencarian di Google, ditemukan website yang menduduki posisi nomor satu adalah website http://www.runwalkjog.com/weight-loss-success-story.html
Dari data ini dapat dipastikan pesaing anda tidak menempatkan kata kunci weight loss di homepage-nya tapi di page lainnya.
b. Website pesaing tersebut juga mempunyai Pagerank 4. Untuk mengetahui nilai pagerank suatu website, anda harus menginstall adds on SEO Quake di web browser anda atau Google Toolbar yang dapat anda peroleh di situs http://toolbar.google.com
c. Setiap website mempunyai kode HTML. Untuk melihat kode HTML website pesaing, maka pada browser anda, klik menu View – Source code.
d. Anda harus menganalisa Onpage Optimization  dari source code yang telah dilakukan pesaing anda.
e. Dari source code dapat dilihat bahwa pesaing anda tidak meletakkan kata kunci weight loss story menggunakan tag <h1>. Agar cepat mencari tag, maka tekan tombol Ctrl + F di keyboard. Lalu ketikkan <h1 pada kolom search.
f. Pesaing anda menggunakan kata kunci weight loss story pada tag <title>
g, Pesaing anda telah melakukan penebalan huruf, menggunakan huruf miring dan huruf bergaris bawah untuk kata kunci weight loss story
h. Pesaing anda sama sekali tidak menggunakan gambar dan tidak ada alt text-nya.
i. Pesaing anda meletakkan kata kunci weight loss story pada awal paragraf artikel tapi tidak meletakkan kata kunci pada akhir paragraf.

4. Kesimpulannya adalah :
a. Pesaing tidak menggunakan keyword pada header tag <h1>
b. Pesaing tidak menggunakan <alt> image tags pada keyword
c. Pesaing tidak menemapatkan keyword pada akhir paragraf dari artikelnya.
d. Pesaing mempunyai pagerank 4 yang mana cukup mudah untuk dikalahkan
e. Pesaing menempatkan artikelnya pada page lain yang bukan homepage dari websitenya.

Anda dapat melakukan hal yang sama persis untuk mengukur kekuatan website pesaing yang menduduki posisi nomor 2 sampai 5. Bila website pesaing anda yang menduduki posisi nomor 1-5 mempunyai pagerank 6 ke atas (PR 7, 8 atau 9) maka sebaiknya anda mencari keyword yang lain. Karena membutuhkan waktu yang lama untuk mengalahkannya.

Berdasarkan analisa diatas maka anda memutuskan bahwa nama domain yang paling sempurna untuk website adalah http://weightlossstory.com
Anda sebaiknya berusaha menggunakan TLD (top level domain) yang berakhiran dengan .com. Bila tidak dapat, anda dapat menggunakan TLD .org atau .net.
Lihat lebih lanjut pada artikel OnPage SEO untuk mengetahui apa saja yang harus anda lakukan demi mengoptimalkan On Page SEO website anda.
Silahkan lanjut membaca artikel Cara membuat website |Panduan Buat Bikin Website Blog Profesional (2/10) .
******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar